Cara menghilangkan ketombe

3 Cara Menghilangkan Ketombe Yang Benar Langsung Dari Ahlinya!

Cara menghilangkan ketombe sebenarnya sudah menjadi hal yang umum, tapi nyatanya masalah yang satu ini cukup bikin risih juga. Siapa sih yang gak ngerasa terganggu dengan kulit kepala yang berjatuhan alias ketombe.

Salah satu permasalahan rambut yang mengganggu dan–mungkin saja—memalukan adalah ketombe yang berjatuhan di bahu Anda.

Dr. Dominic Burg, kepala ilmuwan dan ahli biologi rambut, mengatakan bahwa penyebab ketombe bisa disebabkan karena kulit kepala yang kering.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi ketombe?

Ganti bahan kimia dalam produk perawatan rambutCara menghilangkan ketombe secara alami

Dr. Dominic menyarankan untuk menggunakan produk bebas sulfat yang justru menyebabkan kulit kepala kering. Dia merekomendasikan beralih ke produk dengan bahan alami yang lembut, misalnya yang mengandung aloe, Vitamin E, minyak esensial seperti lavender dan rosemary, serta antioksidan seperti teh hijau dan goji berry.

Selain itu lebih baik lagi apabila menggunakan cara menghilangkan ketombe secara alami, walau hasil yang didapat tidak cepat tapi jauh lebih baik kok.

Baca Juga: Tanpa Ribet! Berikut Ini Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Jangan terlalu sering keramasCara menghilangkan ketombe

Bagi Anda yang rajin keramas setiap hari, ini mungkin sedikit tidak masuk akal. Namun, begini penjelasannya.  Peradangan membuat kulit kepala menebal dan menyebabkan ketombe. Nah, mikroba baik pada rambut yang akan mengatasinya dengan cara menyeimbangkan pH, menjaga nutrisi dengan memproduksi molekul pertahanan khusus, dan mengimbangi mikroba jahat.

Menurut Dr. Dominic, jika keramas dilakukan hanya dua sampai tiga kali seminggu, maka mikroba baik akan lebih lama bekerja di kulit kepala, yang pada akhirnya dapat mengatasi ketombe Anda.

Berhenti gunakan scrub dan kondisioner di kulit kepalaCara menghilangkan ketombe

Cara menghilangkan ketombe yang selanjutnya adalah dengan berhenting menggunakan produk dengan bahan scrub dan juga berhenti menggunakan kondisioner.

Scrub yang digosokkan ke kulit kepala, apalagi jika kulit kepala Anda sudah kering, akan membuatnya mengalami iritasi. Jika sudah terbiasa menggunakan scrub, maka Dr. Dominic menyarankan cari produk mengandung bahan pelembap, namun tetap jangan asal pilih shampo untuk ketombe yang banyak dijual dipasaran.

Kondisioner juga akan membuat kulit kepala kering, apalagi jika produk berbasis bahan silikon. Daripada kondisioner, agar lebih sehat dan dapat mengatasi ketombe, Dr. Dominic merekomendasikan serum kulit kepala, yang bisa membuat rambut juga lebih sehat.

Baca Juga: Tanda Kanker Kulit Atau Tahi Lalat? Berikut Cara Membedakan Keduanya!

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan ketombe langsung dari ahlinya. Selamat mencoba dan semoga menjadi informasi yang bermainfaat, ya. jangan lupa juga untuk berbagi informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.