tidur lebih dari 8 jam

6 Penyakit Bahaya Akibat Tidur Lebih Dari 8 Jam Sehari!

Manusia memang membutuhkan istirahat berupa tidur, namun tidur lebih dari 8 jam ternyata memiliki resiko yang tidak bisa dianggap sepele, lho. Bahaya tidur lebih dari 8 jam ini memiliki dampak penyakit yang cukup serius bagi tubuh manusia.

Manusia membutuhkan energi untuk beraktivitas. Salah satu cara untuk mengisi kembali tenaga yang hilang adalah dengan tidur. Setiap orang disarankan setidaknya 7-8 jam tidur setiap malamnya. Lebih dari delapan jam hanya akan membuatmu berisiko mengalami kematian lebih cepat.

Selain itu, penyakit-penyakit lainnya akan muncul apabila Kamu terlalu lama tidur.

Penyakit Akibat Terlalu Lama Tidur

  1. Diabetestidur lebih dari 8 jam

Sebuah studi menemukan bahwa tidur terlalu lama atau kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko mengidap diabetes. Untuk pengidap diabetes tipe dua, biasanya sering mengalami sleep apnea atau kondisi di mana saluran pernafasan terganggu ketika tidur, sehingga menyebabkan dengkuran yang hebat.

Hal ini dapat mengganggu waktu tidur diabetesi yang akhirnya membuat mereka memerlukan waktu tidur lebih lama. Idealnya tidur selama delapan jam merupakan waktu yang cukup untuk pengidap diabetes.

“Ketika mengalami kesulitan saat tidur coba untuk tetap melakukan jadwal tidur biasa. Bangun dan tidur secara teratur dapat meregulasi tubuh,” ujar Madhu H. Rao, MD ahli penyakit endokrin dari Universitas California, San Francisco.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Darah Tinggi! Tidak Hanya Enak Tapi Juga Ampuh

  1. Obesitastidur lebih dari 8 jam

Kurang tidur atau terlalu banyak tidur lebih dari 8 jam dapat menyebabkan kenaikan badan secara drastis. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari sembilan atau 10 jam meningkatkan risiko obesitas sebesar 21 persen. Namun, pengaruh kenaikan berat badan juga disertai oleh faktor seberapa sering melakukan olahraga dan asupan makanan sehari-hari.

  1. Sakit kepalatidur lebih dari 8 jam

Peneliti percaya bahwa efek dari terlalu lama tidur dapat berpengaruh pada  sel saraf yang membawa neuron pada otak. Jika terlalu lama tidur di siang hari dan terganggu di malam hari seringkali menyebabkan sakit kepala ketika bangun di pagi hari. Selain itu, penyebab lainnya dari tidur terlalu lama dapat mengalami kerusakan memori otak dan menurunnya fungsi kognitif.

Risiko lainnya, dapat terjadi penyakit degeneratif seperti alzheimer dan demensia.

  1. Sakit punggungtidur lebih dari 8 jam

Sakit punggung bisa disebabkan karena berbagai macam faktor ketika tidur. Salah satunya posisi tidur yang salah atau kemiringan posisi bantal. Ketika kita tidur lebih lama terjadinya posisi tidur yang salah ditambah dengan kasur yang memang tidak nyaman justru dapat memperburuk rasa sakit pada punggung.

  1. Depresitidur lebih dari 8 jam

Insomnia sering kali dikaitkan dengan depresi akibat kurang tidur. Di sisi lain, depresi juga dapat meningkatkan keinginan untuk terus tidur. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka akibatnya bisa menjadi lebih buruk karena menganggu jadwal tidur yang seharusnya, sehingga berdampak pada rangkaian kesehatan lainnya seperti hilangnya nafsu makan, sistem imun melemah, kelelahan, dan bahkan serangan jantung.

  1. Penyakit jantungtidur lebih dari 8 jam

Sebuah studi menemukan 72 ribu wanita yang tidur lebih dari 8 jam atau bahkan 11 jam dapat meningkatkan 38 persen serangan jantung dibanding wanita yang tidur selama delapan jam.

Baca Juga: Waspada Sejak Dini: Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung Koroner

Untuk itu, lebih baik atur jadwal tidur sebaik mungkin agar terhindar dari dampak buruk yang dapat merusak tubuh.

Tidur berlebihan juga bisa menjadi indikasi penyakit lainnya yang perlu ditangani secara medis. Kurangi kafein dan alkohol supaya kualitas tidur dapat lebih baik, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.