gejala penyakit jantung

Waspada Sejak Dini: Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, dan cukup sulit untuk mengenali gejala penyakit jantung. Banyak sekali penyebab penyakit jantung yang mungkin dianggap sepele, seperti gaya hidup tidak sehat, stres, kurang olahraga, dan juga diet yang tidak sehat.

Kalau kamu merasa menjalani hidup dengan beberapa faktor di atas, maka lebih baik untuk waspada dengan gejala penyakit jantung yang bisa saja menyerang. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi beberapa gejala awal penyakit jantung yang mungkin dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Seperti apa? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung

  1. Sesak Napasgejala penyakit jantung

Ciri-ciri penyakit jantung yang pertama adalah sesak napas. Jika kamu sering tiba-tiba sesak napas atau ngos-ngosan maka kamu harus waspada. Sebuah penelitian menyebutkan 40 persen perempuan yang terkena serangan jantung sebelumnya mengalami sesak napas secara tiba-tiba.

  1. Cepat Lelahgejala penyakit jantung

Gejala cepat lelah terjadi karena suplai darah ke seluruh tubuh terhambat oleh kinerja jantung yang tidak maksimal. Cepat lelah ini bisa terjadi walau kamu tidak melakukan kegiatan berat, contoh saat bangun tidur. Apabila mengalaminya maka lebih baik segera melakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Mualgejala penyakit jantung

Mual juga bisa menjadi pertanda gangguan awal penyakit jantung. Hal inni karena terjadi pembengkakan di bagian perut, dan lambung lah yang merespon hal tersebut. Mual juga bisa memberikan pengaruh pada nafsu makan, dimana tidak akan memiliki selera makan.

Baca Juga: 4 Manfaat Yoga Membuatmu Memiliki Jiwa dan Tubuh Yang Sehat!

  1. Nyeri Dada

Gejala penyakit jantung koroner selanjutnya ditandai dengan nyeri pada dada. Tentu tidak semua nyeri yang terjadi di dada menjadi tanda penyakit jantung, pada kasus ini biasanya terjadi di dada bagian kiri. Nyeri pada dada terjadi karena pembuluh darah arteri mengalami penyumbatan dan darah pun tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh seperti seharusnya.

  1. Sakit Kepala

Sering sakit kepala juga bisa menjadi tanda penyakit jantung. Sakit kepala bisa saja disebabkan karena sirkulasi darah tidak berjalan normal. Migran pun apabila sering dialami juga harus diwaspadai.

  1. Pembengkakan Tubuh

Penyakit jantung yang sudah cukup parah juga bisa ditandai dengan pembengkakan tubuh, biasanya terjadi pada pergelangan kaki dan perut bagian bawah. Hal ini disebabkan penumpukan sebuah cairan pada bagian tubuh tersebut.

  1. Sering Cemas

Gelisah atau cemas terjadi karena penderita mengalami sebuah kekhawatiran, perasaan ini sangatlah berbahaya dan bisa memicu penyakit jantung koroner apabila diabaikan. Memang sulit, tapi sebisa mungkin untuk menghindari rasa cemas yang berlebih pada segala kondisi.

Itulah beberapa gejala penyakit jantung koroner, yang wajib sekali untuk diwaspadai. Apabila kamu mengalami beberapa tanda di atas sebaiknya segera melakukan konsultasi pada dokter. Sekian informasi dari kami semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan jangan lupa untuk saling membantu dengan berbagi informasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.