makanan penurun darah tinggi

6 Makanan Penurun Darah Tinggi! Tidak Hanya Enak Tapi Juga Ampuh

Sama halnya dengan penyakit jantung, yang menjadi penyebab kematian cukup tinggi di dunia, ternyata tekanan darah tinggi atau Hipertensi, juga menjadi penyebab kematian cukup tinggi, yakni 7,5 juta setiap tahun. Memang ada penyebab sakit darah tinggi, tapi pola makan adalah penyebab yang cukup besar.

Tekanan darah tinggi tentu tidak datang secara tiba-tiba, ia muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jangan karena saat ini sedang dalam keadaan sehat, kamu bisa makan tanpa peduli dengan tubuh kamu.

Nah, kali ini kami dari Katalog Dokter akan mengulas apa saja sih makanan penurun darah tinggi yang memang mampu untuk mencegah bahkan mengobati darah tinggi. Penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Makanan Penurun Darah Tinggi

Mencegah dan mengobati darah tinggi sangatlah mungkin dengan mengatur pola makan setiap hari. Yang lebih penting adalah menghindari makanan cepat saji, dan mulai mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah setiap hari. Berikut ini beberapa makanan penurun darah tinggi:

  1. Bayammakanan penurun darah tinggi

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan kalium dan mineral, kandungan tersebut mampu membuang lebih banyak sodium melalui urin. Sodium adalah salah satu zat pemicu serangan darah tinggi atau hipertensi.

Tak cukup sampai disitu, bayam juga kaya akan kandungan viitamin C, A, zat besi, kalsium, dan juga serat. Jadi, ada banyak sekali manfaat bayam untuk tubuh selain menjadi makanan penurun tekanan darah tinggi.

  1. Bawang Putihmakanan penurun darah tinggi

Bumbu masak yang satu ini juga menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi. Bawang putih mampu melebarkan arteri dan mengatasi darah tinggi. Cara mengkonsumsinya juga beraneka ragam, mulai dari di jus hingga dimakan secara langsung. Tapi, perlu diingat juga untuk mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah wajar untuk menghindari efek samping.

Baca Juga: Waspada Sejak Dini: Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung Koroner

  1. Asam Lemak Omega 3makanan penurun darah tinggi

Asam lemak omega 3, juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi sama halnya beberapa makanan di atas. Omega 3, bisa kamu temukan di ikan berlemak seperti salmon dan beberapa ikan ait tawar. Selain enak, ikan juga sangat mudah untuk disajikan. Tapi perlu diingat juga untuk mengolah ikan segar saja dan mengolahnya dengan cara yang sehat pula.

  1. Biji-bijianmakanan penurun darah tinggi

Ada banyak sekali makanan jenis biji-bijian, termasuk salah satunya adalah oatmeal. Makanan yang tidak hanya enak tapi juga menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi. Oatmeal mengadung sorium yang rendah namun kaya akan serat. Ada banyak sekali cara menyajikan oatmeal, apabila menjadi kebiasaan tentu akan menjadi makanan yang enak dan lezat.

  1. Pisangmakanan penurun darah tinggi

Manfaat buah pisang ada banyak sekali, termasuk salah satunya adalah menjadi makanan penurun darah tinggi. Kalium dalam buah pisang memiliki peran yang cukup besar detak jantung, otot dalam tubuh, dan juga kinerja ginjal. Konsumsi buah pisang sangat disarankan jika dibandingkan dengan menkonsumsi suplemen secara rutin.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Alpukat Buat Tubuhmu Langsing dan Bahagia!

  1. Cokelat Hitammakanan penurun darah tinggi

Cokelat hitam memiliki kandungan gula yang cukup rendah, dan mengandung lebih dari 60% kakao. Konsumsi cokelat hitam tidak hanya mampu menurunkan stres tapi juga  menekan resiko penyakit kardiovaskular, salah satu penyakit yang disebut turunan dari darah tinggi.

Itulah beberapa makanan penurun darah tinggi, selama mencoba dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat. jangan lupa juga untuk berbagi informasi ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.