manfaat buah naga

17 Manfaat Buah Naga, Tak Hanya Menyehatkan Tapi Bikin Kulit Makin Cantik!

Manfaat buah naga bisa dirasakan oleh siapa saja apabila dikonsumsi secara teratur, di antaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan, dan  keputihan.

Kita bisa mendapatkan manfaat buah naga ini dengan banyak cara, karena buah yang satu ini selain enak diolah dengan berbagai varian juga tetap enak dimakan langsung.

Daftar Manfaat Buah Naga Merah bagi Tubuh

Setelah kita tahu mengenai kandungan buah naga, tentu ada baiknya juga mengetahui juga khasiat buah naga. Ternyata, buah yang satu ini memiliki jutaan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

Lebih jelasnya, berikut manfaat buah naga merah:

  1. Menurunkan Berat Badan

Khasiat buah naga yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan. Perlu diketahui bahwa kandungan buah naga sangat tinggi protein, namun rendak lemak dan karbohidrat. Tentu saja buah ini bisa menjadi pilihan camilan yang tepat bagi Anda yang sedang dalam program diet.

  1. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu kandungan buah naga adalah B3 yang baik untukmenurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, manfaat buah naga juga akan sangat dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi.

Konsumsi buah naga secara rutin untuk tercegah dari penyakit stroke dan jantung coroner akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

  1. Menyembuhkan Diabetes

Bukan hanya berguna bagi penderita kolesterol tinggi, manfaat buah naga merah juga dapat dirasakan oleh penderita diabetes. Rasanya yang manis sama sekali tidak akan berpengaruh buruk pada penderita diabetes karena berasal dari glukosa.

  1. Manfaat buah naga untuk meningkatkan stamina

Ketika musim selalu berganti, ada baiknya Anda mengonsumsi buah-buahan. Berkaitan dengan hal ini, kandungan buah naga yang kaya akan vitamin dan antioksidan nyatanya mampu menambah stamina tubuh kita agar tak mudah sakit.

  1. Meredakan Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Saat sakit tenggorokan dan sariawan tentu kita jadi tidak enak makan dan minum. Rasa perih di mulut dan tenggorokan pun membuat kita lebih memilih menahan rasa lapar daripada harus makan. Anda sering atau pernah mengalaminya?

Nah, kalau begitu konsumsilah buah naga merah!

Kandungan buah naga merah yang kaya akan vitamin C tentu sangat efektif untuk menyembuhkan dan mengobati sariawan dan sakit tenggorokan. Selain itu, teksturnya yang lembut pun akan meringankan kerja mulut dan tenggorokan.

Baca Juga: Ragam Sayuran Untuk Diet yang Mudah di Olah Bikin Perut Kenyang Lebih Lama!

  1. Khasiat buah naga merah untuk Meredakan Asma

Para penderita asma tentunya akan sangat merasa tersiksa ketika kambuh. Kita juga tahu bahwa ada banyak sekali pengobatan asma. Nah, jika Anda adalah seorang penderita asma dan mau pengobatan yang enak, cukup konsumsi buah naga secara rutin.

Adanya vitamin B3 di dalam kandungan buah naga terbukti mampu meredakan asma. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi ketika kambuh atau lebih baik lagi jika dikonsumsi secara rutin agar asma tak kambuh-kambuh.

  1. Meredakan Batuk

Vitamin B3 yang ada dalam kandungan buah naga juga dapat meredakan batuk membandel. Manfaat buah naga merah ini tetunya akan sangat berguna, mengingat seringkali batuk adalah penyakit yang sulit disembuhkan meski sudah meminum obat.

Kalau Anda sedang batuk dan tak kunjung sembuh, maka coba imbangi dengan mengonsumsi buah naga. Perlu diingat, buah naga ini bukan obat, jadi Anda harus tetap meminum obat batuk, ya!

  1. Menstabilkan Darah Tinggi

Masing dengan khasiat buah naga yang mengandung vitamin B3, nyatanya buah yang satu ini juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Vitamin ini akan mampu berperan nebstabilkan tekanan darah jika kita rutin mengonsumsinya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Punya masalah pencernaan?

Sebaiknya mulai pertimbangkan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin. Kandungan serat yang sangat tinggi di dalam buah naga terbukti dapat melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga secara rutin setiap hari.

  1. Menguatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang penting, namun banyak juga yang mengalami penyakit jantung. Sebenarnya, penyakit mematikan ini bisa dihindari sejak dini dengan berbagai cara, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Kandungan phytochemical captin yang ada di dalam buah naga inilah yang berperan memperkuat jantung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin mulai dari sekarang.

  1. Mencegah Osteoporosis

Pengeroposan tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis. Nah, salah satu manfaat buah naga merah yang dapat dirasakan secara jangka panjang adalah mencegah terjadinya osteoporosis. Ini didukung dengan adanya kalsium organik di dalam kandungan buah naga.

  1. Mencegah Kanker

Khasiat buah naga yang lainnya adalah mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini akan mampumencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Pencegahan kanker tentu tidak hanya dengan mengonsumsi buah naga, namun perlu diimbangi juga dengan pola hidup sehat. Anda tetap harus memerhatikan asupan makanan dan juga mengimbanginya dengan berolah raga.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Ternyata ada juga khasiat buah naga untuk kencantikan, yaitu memperlambat penuaan dini. Hal ini pun tentunya baru akan terbukti jika mengonsumsi buah naga secara rutin. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu mengencangkan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.

 

  1. Mampu Mencegah Penuaan Dini

Tak ada yang mau terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, apalagi wanita. Keberadaan garis-garis halus, kondisi kulit kendur, mulai keriput dan juga kusam adalah tanda-tanda kulit kita mulai menua. Terjadinya penuaan disebabkan oleh adanya kerusakan sel yang disebabkan oleh serangan radikal bebas setiap hari. Memang pada pada akhirnya kita semua pasti akan menjadi tua, hanya saja tak ada yang ingin terlihat tua dari usia yang sebenarnya, betul?

Karena itulah, buah naga ini bisa dijadikan salah satu solusi untuk mencegah penuaan dini  karena sangat kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan akhirnya mampu memperlambat proses penuaan. Dengan konsumsi yang rutin maka kulit akan terlihat lebih muda, lebih halus dan juga sehat. Selain itu kita juga bisa melakukan perawatan mudah di bawah ini setiap minggunya untuk mendapatkan kulit yang kencang yang tanpa keriput dan garis yang mengganggu.

15 Lulur Buah Naga

Bahan dan cara membuat lulur buah naga :

Siapkan ½ buah naga segar, sesendok makan yogurt. Hancurkan buah naga sampai lumat dan campurkan yogurt, setelah itu diaduk sampai merata dan setelah menjadi pasta maka siap untuk kita oleskan di wajah dan leher sampai merata. Setelah meresap dan agak kering, bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali, ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Mentimun untuk Wajah Lebih Cerah, Bersih dan Cantik Alami!

16 Digunakan untuk Mengobati Jerawat

Siapa yang tak pernah kena jerawat? Semua orang setuju jika jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering muncul saat pubertas baru dimulai, tetapi setelah pubertas lewat pun yang namanya jerawat masih bisa muncul dan bikin penampilan jadi tak prima lagi. Kalau sudah muncul jerawat, maka solusi alami yang bisa dilakukan supaya jerawatnya tak makin banyak adalah dengan menggunakan buah naga yang kandungan berlimpah vitamin C-nya berlimpah dan bisa mengatasi jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Buah Naga

Siapkan ¼ daging buah naga segar, siapkan juga 3 sampai 4 bola kapas (bisa ditemukan di apotek). Pertama-tama ambil daging buah naga, setelah itu diaduk menggunakan garpu hingga menjadi pasta halus. Kemudian menggunakan bola kapas yang sudah kita sediakan, ambil sedikit pasta dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat. Kenapa harus pakai kapas? penggunaan kapas ini supaya tak ada tambahan bakteri atau kuman dari tangan yang dapat memperparah kondisi jerawat di wajah kita.

Setelah itu tunggu selama sekitar 20 menit atau hingga kering, setelah itu  bilas menggunakan air hangat. Kemudian apabila sudah benar-benar bersih, maka biarkan saja sampai kering dengan sendirinya, tak perlu dikeringkan. Untuk dapatkan kulit yang bebas jerawat, lakukan setidaknya dua kali dalam seminggu.

17 Si Lezat yang Menyehatkan Kulit

Kulit yang sehat adalah aset, dan memiliki kulit yang sehat serta bercahaya menjadi impian terbesar setiap wanita, dan hebatnya lagi saat ini kita bisa mendapatkan kulit yang indah tersebut dengan cara yang sangatlah mudah. Cukup memperhatikan apa yang kita konsumsi dan melakukan olahraga dengan rutin. Mulai saat ini, cobalah memasukkan buah naga ke dalam menu makanan yang akan dikonsumsi, sebab yang satu ini bisa menjadi agen penjaga kesehatan tubuh. Contohnya dengan mengawali hari dengan meminum segelas jus buah naga yang manis walaupun tanpa gula dan madu, salah satu manfaat buah naga ini adalah membantu kita untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita juga akan membuat kulit kita tampak lebih cerah daripada sebelumnya lho.

Ini disebabkan buah naga mengandung antioksidan yang lumayan tinggi yang memang mampu menangkal dan juga bisa menghilangkan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kulit kusam dan juga kulit kendur. Sementara itu kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga dapat membantu kita untuk mencerahkan kulit. Sangat berkhasiat banget buah naga ini ya.

 

Kandungan Buah Naga Merah

Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga. Kandungan buah naga juga terdiri dari kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 90% dari berat buah.

Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks. Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupun selai atau beragam bentuk penyajian sesuai selera.

Secara umum, pakar sependapat dan mengakui kandungan buah naga kaya akan potasium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesihatan berbanding buah-buahan lain yang diimpor.

Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah, buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah naga merah sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah. “Penelitian juga menunjukkan buah ini bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh,” katanya.

Kandungan buah naga:

  • Kadar Gula: 13-18 briks
  • Air: 90 %
  • Karbohidrat: 11,5 gr
  • Asam: 0,139 gr
  • Protein: 0,53 gr
  • Serat: 0,71 gr
  • Kalsium: 134,5 mg
  • Fosfor: 8,7 mg
  • Magnesium: 60,4 mg
  • Vitamin C: 9,4 mg

Secara keseluruhan, berikut kandungan nutrisi di setiap buah naga:

  • Protein (meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung)
  • Serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet)
  • Karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit)
  • Kalsium (menguatkan tulang)
  • Zat besi (menambah darah)
  • Vitamin B1 (mencegah demam badan)
  • Vitamin B2 (menambah selera makan)
  • Vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol)
  • Vitamin C (menambah kehalusan kulit dan mencegah jerawat).

Nah, itu dia pembahasan singkat kita mulai dari kandungan buah naga merah sampai manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh. Banyak juga, ya?

Ayo, konsumsi buah naga untuk mendapatkan semua manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.